Thursday, April 16, 2020

Lakukan Langkah Kecil Mulai dari Sekarang !


Halo apa kabar kalian, terima kasih bagi kalian yang telah memberikan ide kreatif tentang “Strategi dan Inovasi Usaha Peternakan Rakyat di Wonogiri” melalui kolom komentar. Setelah kalian membaca artikel saya kemarin, sungguh luar biasa ide ide kalian. Dari 19 comment yang telah kalian tuliskan dapat saya sarikan pada paragraf di bawah ini. 



Kerjasama semua stakeholder di bidang peternakan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pengelolaan dan tata laksana budidaya perlu dilaksanakan melalui pemberian penyuluhan tentang peternakan seperti pembuatan dan peningkatan kualitas pakan. Mengajak generasi muda (peternak milenial atau peternak berdasi) untuk tidak malu mengembangkan bisnis peternakan sehingga pemuda semakin aktif untuk berkreativitas dibidang peternakan, berfikir secara kreatif dan inovatif. Peternak harus memiliki ilmu tentang peningkatan kulitas pakan, bibit, kesehatan hewan, pengendalian pemotongan betina produktif, pasca panen, pengolahan produk asal hewan seta manajemen usaha.
Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dapat dilakukan melalui penyediaan buku bacaan tentang ternak, agar para peternak mampu berinovasi dan menciptakan teknologi baru yang dapat mengefisienkan pekerjaan peternak sehingga hasil meningkat. Permasalahannya adalah kebanyakan para peternak adalah para orang tua dan ada yang tidak bisa membaca. Stakeholder di bidang peternakan perlu melakukan pendampingan secara langsung kepada peternak dan petani untuk meningkatkan produktivitas ternak, menjaga kesehatan ternak. Hal itu dapat dilakukan melalui peningkatan kerjasama dgn lembaga lain yg berkaitan dengan pengembangan kualitas pakan untuk menghasilkan ternak yang berkualitas .



Selanjutnya, untuk besuk pagi, Jumat (17/4) kita bertemu pada mata diklat Produk Kreatif dan Kewirausaan lagi. Silahkan besuk pagi kalian melaksanakan praktikum. Apa yang akan di praktikkan? padahal kita harus tetap berada di rumah ? (masa sih... kalian ada di rumah saja selama ini, :) ), yups... Pinter, jika kalian bisa meminimalisir kegiatan kegiatan di luar rumah. Ingat, Waktu yang kalian miliki harus kalian gunakan untuk hal-hal produktif.
Kembali pada praktikum besuk, mohon kalian berkarya/ membantu ortu, tetangga atau siapa saja yang memiliki hewan ternak. Apa yang dapat kalian bantu? lakukan hal kecil untuk mendukung usaha peternakan rakyat yang ada di sekitar kalian. Syukur alhamdulillah kalian bisa mengimplementasikan ide kreatif yang kemarin telah kalian tuliskan. 

Hal kecil apa, yang telah kalian lakukan untuk mendukung usaha peternakan rakyat yang ada di lingkungan kalian?. dari hal kecil tersebut akan mendukung langkah besaar kalian suatu hari nanti. 


Bukti kalian telah melaksanakan praktikum Produk Kreatif dan Kewirausahaan yaitu dengan cara kalian upload di grup kelas "Foto Kegiatan dan berikan keterangan aktifitas yang telah dilaksanakan". Selama satu pekan ini, silahkan kalian upload foto tentang hal yang sudah kalian lakukan dalam rangka mendukung usaha peternakan rakyat di Kabupaten Wonogiri.

Sampai bertemu besuk, selamat belajar. Tetap jaga kesehatan dan tingkatkan semangat berkarya

banner
Previous Post
Next Post

0 comments: