Tuesday, April 14, 2020

Strategi dan Inovasi Usaha Peternakan Rakyat Wonogiri

Sebagian besar penduduk di Kabupaten Wonogiri menggantungkan hidupnya di sektor pertanian. Aneka jenis tanaman dan hewan ternak di budidayakan masyarakat Wonogiri secara turun temurun. Kearifan Lokal usaha peternakan rakyat yang berskala kecil diusahakan dengan cara sederhana, lokasinya berada di masing-masing rumah penduduk. Umumnya, usaha ternak hanya dilakukan masyarakat sebagai usaha sampingan sedangkan usaha yang utama adalah bertani. Sektor ternak sapi potong menjadi primadona masyarakat Wonogiri dalam menjalankan usaha peternakan yang berbentuk usaha peternakan rakyat. Tidak heran, jika Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah, menunjukkan bahwa pada tahun 2018 Kabupaten Wonogiri menjadi Kabupaten dengan populasi ternak sapi potong terbanyak ke tiga di Jawa Tengah setelah Kabupaten Blora dan Grobogan. Populasi ternak sapi potong di Kabupaten Wonogiri tahun 2018 sebesar 159.446 ekor.



Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mencanangkan Kabupaten Wonogiri sebagai sentra peternakan sapi rakyat. Selain itu, Kabupaten Wonogiri menjadi model pengembangan Kredit Usaha Rakyat (KUR) khusus peternakan di Indonesia. Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (6/12/2018), menggelontorkan uang sebesar Rp. 8,9 miliar kepada anggota kelompok peternakan rakyat di Kabupaten Wonogiri. Stimulasi dana dan pendampingan yang dilakukan pemerintah diharapkan dapat meningkatkan populasi ternak sapi, namun ilmu peternakan yang dijalankan secara turun temurun ini dirasa kurang signifikan dalam meningkatkan produksi dan kesehatan ternak.
Faktanya, selama ini budidaya sapi potong yang di kelola masyarakat masih menggunakan cara-cara konvensional dan belum menerapkan terknologi yang dapat meringankan pekerjaan peternak. Jika peternak dapat mengefisienkan pekerjaannya, maka peternak dapat memelihara sapi dalam jumlah yang lebih banyak sehingga angka penjualan dapat meningkat. 
Peran serta generasi muda sangat dibutuhkan dalam meningkatkan produktivitas usaha peternakan rakyat di Kabupaten Wonogiri. Jika kita amati, usia rata-rata petani yang menjalankan usaha ternak usianya sudah tidak muda lagi. Selain itu, lemahnya budaya membaca menjadi salah satu faktor penghambat dalam peningkatan produktifitas peternakan rakyat di Kabupaten Wonogiri.
Upaya yang dapat dilakukan untuk mengedukasi usaha peternakan rakyat di Kabupaten Wonogiri, yaitu dengan menyediakan aneka sumber bacaan bagi peternak. Melalui kegiatan membaca, diharapkan peternak mampu berinovasi dan menciptakan aneka teknologi baru yang dapat mengefisienkan pekerjaan peternak sapi sehingga hasilnya dapat meningkat. Potensi kearifan lokal sektor usaha peternakan rakyat yang dimiliki oleh Kabupaten Wonogiri tentu harus terus dikembangkan supaya dapat mendongkrak perekonomian masyarakat di Kabupaten Wonogiri.

banner
Previous Post
Next Post

19 comments:

  1. Upaya agar dapat mendobrak peternak sapi di kabupaten Wonogiri adalah pemerintah,dinas peternakan dan SMK yang terdapat jurusan peternakan seperti kesehatan hewan SMK Muhammadiyah 2 WURYANTORO di kabupaten Wonogiri membuat sosialisasi bagaimana membuat pakan permentasi untuk membuat keringanan bagi semua peternak sapi di kabupaten Wonogiri pada saat musim kemarau karena musim kemarau para peternak sapi kesulitan dalam mencari pakan ternak dan mensosialisasikan bagaimana cara membuat sapi cepat gemuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. No.absen 24
      Nama : Yusuf bastiyar
      Kelas : Xl kh

      Delete
  2. Nama :Erika Devi Yani (12)
    Upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan peternakan di Wonogiri adalah dengan menurunkan generasi muda untuk berkreativitas dan aktiv dibidang peternakan. Dengan cara menciptakan produk pakan ternak yang tentunya dapat membuat bobot ternak menjadi lebih gemuk serta selalu berpikir kreatif untuk menciptakan sesuatu yang dapat membuat ternak menjadi lebih sehat,berbobot dan tentunya berdaging.

    ReplyDelete
  3. Azzahwa Dinda Melani Putri (08)
    Upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan peternakan di Wonogiri salah satunya dengan cara menyeleksi bibit hewan yang ingin diternak. Dan juga meningkatkan kualitas pakan. Dan pengendalian pemotongan ternak betina yang produktif.

    ReplyDelete
  4. Nama:puput
    No:19

    Dalam Pengembangan usaha sapi potong
    perlu meningkatkan pengetahuan dan
    ketrampilan pengelolaan dan tata laksana
    budidaya yang harus ditetapkan dalam
    usaha peternakan sapi potong.
    Apabila usaha sapi potong dikembangkan
    di daerah ini, maka pemerintah daerah
    setempat segera melakukan evaluasi
    terhadap rencana Tata Ruang Wilayah,
    karena kemungkinan adanya rencana
    usaha lain selain usaha peternakan sapi
    potong.

    ReplyDelete
  5. marsela putri anggraini (16)
    Upaya yang dapat dilakukan generasi muda untuk meningkatkan pengembangan peternakan di kabupaten wonogiri ini, salah satunya adalah mensosialisasikan tenang pembuatan pakan fermentasi kepada masyarakat setempat

    ReplyDelete
  6. Nama: Ratna Vendila
    No:20
    Kelas: XI Kesehatan Hewan

    Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu peternakan di Wonogiri sebagai generasi muda harus berfikir secara kreatif dan inovatif.Mengadakan penyuluhan maupun sosialisasi mengenai cara-cara atau langkah-langkah melakukan usaha peternakan yang baik dan benar sehingga hasil peternakan dapat lebih produktif

    ReplyDelete
  7. Nama : Ria D.
    No.Abs : 21
    Kelas : Xl Kesehatan Hewan
    Upaya yang dapat dilakukan dalam Pengembangan peternakan di kabupaten Wonogiri salah satunya adalah dengan ikut turut sertanya para generasi muda dalam meningkatkan produktivitas peternakan rakyat Wonogiri. Upaya lainnya yaitu dengan penyediaan buku bacaan tentang ternak, agar para peternak mampu berinovasi dan menciptakan teknologi baru yang dapat mengefisienkan pekerjaan peternak sehingga hasil meningkat. Akan tetapi, karena kebanyakan para peternak adalah para orang tua dan ada yang tidak bisa membaca, alangkah baiknya jika pihak-pihak terkait melaksanakan sosialisasi tentang ternak.

    ReplyDelete
  8. Arya Abimanyu (06)

    Upaya yang di lakukan adalah dengan cara mengikutsertakan pemuda/generasi muda untuk andil dalam memajukan peternakan di wonogiri. Selain itu di wonogiri sistem yang di gunakan dalam ternak sangatlah tradisional makan harus ada upaya dimana para peternak di beri motivasi atau ajakan untuk membuat peternakan di wonogiri menjadi ternak modern. Adapun cara yang bisa kita lakukan sebagai siswa kesehatan hewan yaitu dengan mensosialisasikan tentang cara pembuatan pakan ternak fermentasi

    ReplyDelete
  9. Naratama Lisa purnama sari(18)


    Upaya yang dapat dilakukan dalam pengembangan peternakan di kabupaten wonogiri adalah dengan potensi sektor lokal usaha peternakan rakyat yang dimilikinya serta pembuatan pakan bagi masyarakat agar sapi yang dimiliki lebih sehat.

    ReplyDelete
  10. Nama : Mahardika Zahra Puspitasari (15)
    Kelas : Xl Kesehatan Hewan
    Upaya yang dapat dilakukan dalam Pengembangan peternakan di kabupaten Wonogiri salah satunya adalah dengan ikut serta para generasi muda dalam meningkatkan produktivitas peternakan rakyat Wonogiri. Upaya lain yaitu dengan penyediaan buku bacaan tentang ternak, agar para peternak mampu berinovasi dan menciptakan teknologi baru yang dapat mengefisienkan pekerjaan peternak sehingga hasil meningkat. Akan tetapi, kebanyakan para peternak adalah orang tua dan ada yang tidak bisa membaca, alangkah baiknya jika pihak terkait melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat agar mengetahui tentang Produktivitas peternakan rakyat.

    ReplyDelete
  11. Nama :Devi Nur Afita
    No :10
    Kela :XI Kesehatan Hewan
    Upaya yang dapat dilakukan dalam pengembangan peternakan wonogiri salah satunya yaitu pada generasi muda dalam meningkatkan produktivitas peternakan rakyat di wonogiri,dan pada para generasi muda tidak malu dengan mengembangkan bisnis peternakan,selain itu generasi muda juga perlu melestarikan kreativitasnya dalam mengelola daging sapi.

    ReplyDelete
  12. Ammalia Wahyu Pritasari (03)
    Upaya untuk meningkatkan produktivitas ternak di Wonogiri adalah dengan mengembangkan inovasi pakan hijauan dan fermentasi.Meningkatkan produktivitas ternak dengan memperkuat sistem pemeliharaan dan manajemen peternakan secara umum. Berbagai aspek menjadi titik pengendalian program, diantaranya adalah peningkatan kulitas pakan, bibit, kesehatan hewan, pengendalian pemotongan betina produktif dan pasca panen dan pengolahan produk asal hewan seta manajemen usaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama :Midha Dwi Narsawedana
      No :17
      Menjalin usaha kemitraan
      bersama pemerintah dan pihak
      swasta dengan memanfaatkan
      interaksi masyarakat pedesaan
      yang bersifat kekeluargaan

      Delete
  13. Astri Dwi (07)
    Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan
    1. Melakukan pendampingan secara langsung kepada peternak dan petani untuk meningkatkan produktivitas
    2. Membuat program sederhana yang dapat dilakukan peternak kecil seperti fermentasi pakan,pembuatan hasil ternak, pengolahan limbah ternaj
    3. Mengarahkan peternak untuk memulai cara kerja modern untuk meningkatkan hasil yang maksimal
    4. Mensosialisasikan untuk tidak melakukan pemotongan betina produktif
    5. Melakukan pendampingan dengan membantu membuat manajemen yang baik dan benar

    ReplyDelete
  14. Syams Djuhair Hihatullah (22)

    Simple : menggerakan SDM pelaku usaha/pun pemuda agar mau menjadi peternak milenial atau peternak berdasi
    Nah itu tugas kita di bidang kesehatan hewan bgmn kita menginfluence mereka agar terjun berdikari menjadi peternak milenial atau peternak berdasi

    Subscribe Esdeha Official: https://www.youtube.com/channel/UCcM20n58nxI3JxCoGeeNqQQ

    ReplyDelete
  15. Nama : Andyka Ginar Prabowo
    No : 04
    Meningkatkan kerjasama dgn lembaga lain yg berkaitan dengan pengembangan kualitas pakan untuk menghasilkan ternak yang berkualitas . Dan memanfaatkan lahan kosong sebagai sarana penanman pakan

    ReplyDelete
  16. Annisah (05)
    Upaya dapat dilakukan dengan cara meningkatkan angka kelahiran sapi, pemerintah membuat pos inseminasi buatan (IB) dan kandang komunal organik. Pemerintah juga melarang pemotongan sapi betina yang masih produktif. Harapannya peningkatan angka kelahiran sapi dapat meningkatkan jumlah populasi ternak sapi di Wonogiri. Di sisi pengelolaan, pemerintah juga melakukan perbaikan manajemen pengelolaan usaha peternakan dan peningkatan hijauan makanan ternak

    ReplyDelete
  17. Dody haryanto (11)

    Upaya yg dapat dilakukan untuk mengembangkan peternakan di wonogiri yaitu dgn cara selalu memantau kesehatan fisik hewan ternak setiap periode waktu (minggu/bulan).

    ReplyDelete